Softwarefree | Laptop Mati Total? Jangan Panik, Ini Dia Solusi Ampuhnya!

Laptop mati total, jangan risau artikel ini akan membahas solusi untuk mengatasi laptop kalian yang mati total berikut pembahasannya.

Softwarefree -  Kadang kala kita sering bingung ketika menghidupkan laptop kok tidak mau menyala dan disitulah kita panik. Apalagi di dalam laptop tersebut terdapat data-data penting seperti file-file perusahaan atau yang menjadi momok para sepuh kampus adalah file-file skripsinya hanya ada dilaptop tersebut dan tidak ada backupnya seram sekali.

Tentunya kebingungan kalian ini muncul karena laptop tersebut dalam benak kalian tidak pernah terjatuh, terkena air atau terpanggang yah itu berlebihan kalau sampai terpanggang. Akan tetapi meskipun laptop kalian tidak pernah terkena sesuatu apapun, laptop mempunyai kemungkinan mati total hal ini terjadi karena banyak faktor. 

Laptop Mati Total? Jangan Panik, Ini Dia Solusi Ampuhnya!
Laptop Mati Total? Jangan Panik, Ini Dia Solusi Ampuhnya!

faktor yang kemungkinan besar menyebabkan laptop kalian mati total adalah tegangan listrik yang tidak stabil, hal ini bisa menyebabkan komponen yang ada di dalam laptop kalian mengalami korsleting. 

Namun ada juga faktor lainnya seperti komponen tersebut memang tidak memiliki daya tahan yang panjang seperti baterai. kemudian perawatan laptop yang buruk juga memiliki potensi menyebabkan laptop mati total. 

Perawatan laptop yang mungkin remeh seperti membersihkan fan atau kipas pendingin laptop yang berfungsi sebagai pembuang hawa panas dan pengatur sirkulasi udara untuk komponen laptop yang tidak pernah dibersihkan sehingga sangat kotor, hal ini membuat sirkulasi udara yang tidak normal dan mengakibatkan laptop cepat panas.

Tidak membersihkan fan atau kipas pendingin laptop dapat membuat laptop over heat dan akibat laptop yang panas membuat kinerja komponen laptop menjadi kurang optimal dan membuat komponen mengalami kerusakan fatal seperti komponen IC yang mati, prosesor atau kartu grafis yang mengalami kerusakan.

Fan atau kipas pendingin laptop yang tidak dibersihkan juga bisa menyebabkan kinerja dari perangkat lunak yang kurang optimal, yah pasti kalian merasakan lag yang luar biasa ketika laptop kalian mengalami panas berlebihan. 

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan laptop mati total juga bisa karena pasta yang biasa digunakan untuk prosesor laptop yang sudah mengering dan menyebabkan pendinginan pada laptop mengalami gangguan. pasti kalian pernah mengalami kondisi di mana ketika kalian menghidupkan laptop tiba-tiba tidak lama mati sendiri, nah itu akibat kurang optimalnya sirkulasi udara dan ditambah dengan pasta pendingin laptop kalian yang kering membuat prosesor tidak mendapatkan pendinginan yang optimal. jika dibiarkan dapat membuat komponen di dalam laptop mengalami kerusakan, jadi segeralah cek dan ganti pastanya!.

Karena kalian sudah mengetahui beberapa penyebab laptop mati total sekarang kita akan membahas terkait solusi atau cara yang bisa kalian lakukan jika laptop mati total. 

Solusi Laptop Mati Total

Sekarang kita masuk pada tahap solusi laptop mati total. hal pertama yang perlu kita ketahui adalah melihat laptop apakah mati total atau mati namun mesinya atau motherboard-nya masih hidup. karena ada dua jenis laptop mati total maka pada pembahasan solusi laptop mati total kita akan bagi menjadi dua yaitu solusi laptop mati total mesin mati dan mati total mesin hidup. 

Solusi Laptop Mati Total Mesin Mati

Pada solusi laptop mati total mesin mati ini ada beberapa komponen yang harus kalian cek terlebih dahulu karena bisa jadi komponen-komponen mahal di sini mengalami kerusakan. Di mana umumnya ketika laptop mati total mesin mati terjadi diprakarsai oleh beberapa komponen komputer yang sudah mati atau rusak.

Komponen Pada Laptop
Komponen Pada Laptop

Untuk komponen yang memicu laptop mati total mesin mati ini bisa dari segi kelistrikan ntah dari baterainya yang sudah rusak atau IC power yang ada di dalam motherboard laptop atau yang lebih fatal lagi adalah motherboard laptop yang sudah rusak atau mati. 

Untuk mengidentifikasi kerusakan tentunya perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu di mana kalian bisa melakukan testing menghidupkan laptop pada saat dilakukan pengisian daya dengan mencopot baterai, hal ini dilakukan guna melakukan ceking jika memang yang bermasalah adalah baterainya. 


Baterai Laptop
Baterai Laptop


Jika memang pada saat pengisian daya tanpa baterai, laptop saat dinyalakan menyala, itu berarti yang bermasalah adalah baterainya sehingga perlu dilakukan penggantian. 

Akan tetapi jika laptop kalian tidak menyala pada saat di hidupkan pada saat pengisian daya tanpa baterai, maka perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut dengan melakukan ceking pada komponen-komponen yang berkaitan dengan kelistrikan laptop yang mana hal ini sangat kompleks sehingga mungkin kalian akan membawa laptop tersebut ke service laptop terdekat. mengapa demikian, yah karena sangat kompleks berkaitan dengan komponen-komponen kompleks yang butuh keahlian yang mumpuni terkait kondisi ini. 

kondisi  laptop mati total mesin mati ini menjadi salah satu kerusakan yang menurut admin sendiri sangat susah untuk di identifikasi terutama jika kita tau masalahnya bukan pada baterainya, karena sangat kompleks dan kalian jika menghadapi kondisi seperti ini yah mau tidak mau harus membawanya ke service laptop atau kepada ahlinya yang mengerti terkait skema kelistrikan laptop dan komponen apa saja yang harus diganti. 

Solusi Laptop Mati Total Mesin Hidup

Kemudian untuk solusi laptop mati total mesin hidup, mempunyai beberapa penyebab kenapa kondisi. Di mana kondisi-kondisi ini dapat disebabkan karena beberapa komponen yang mengalami korsleting atau mati, semisal Ram yang korsleting atau mati yang membuat laptop blank hitam dan mentok alias tidak dapat masuk ke windows. 

Ram Laptop
Ram Laptop

Ada juga karena VGA atau kartu grafis laptop yang mati atau korsleting namun hal ini jarang karena kebanyakan laptop terutama laptop yang diperuntukan untuk  bekerja atau sekolah tidak ada kartu grafis atau vga-nya namun terintergrasi dalam chipset, namun ada juga laptop yang memilikinya. 

Selain itu penyimpanan dalam hal ini hardisk atau ssd yang sudah korup atau mati juga dapat menyebabkan laptop mengalami blank hitam atau laptop mati total mesin hidup oleh karena itu penting untuk untuk melakukan pengecekan. 

Untuk itu perlu dilakukan peninjauan terkait dengan komponen laptop tersebut yang menyebabkan laptop mati total mesin hidup. Oleh karena itu kalian dapat menemukan masalahnya dan dapat mengatasinya, cek kembali Ram, VGA, dan penyimpanan laptop kalian apakah dalam kondisi baik atau tidak dan jika terjadi kerusakan yah tentu saja perlu diganti dengan yang baru. 

Sekarang admin ingin menceritakan pengalaman admin ketika laptop lenovo admin mengalami kondisi  laptop mati total mesin hidup, ini sangat unik di mana ketika admin cek semua komponen yang admin sebutkan tadi semuanya normal dan tanpa ada kerusakan. 

Akan tetapi laptop lenovo admin tetap blank hitam dan mesin hidup dengan kondisi fan atau kipas pendingin laptop yang berputar lalu mati lalu hidup dan mati lagi terus begitu dan berbunyi beep beberapa kali admin sempat bingung pada saat itu, kemudian admin bongkar lah laptop tersebut admin cek di sumber-sumber kelistrikan laptop admin semuanya normal, kejadian ini dilatar belakangi oleh update windows yang menyebabkan laptop admin mati total mesin hidup. 

Setelah admin cek berulang-ulang ternyata terdapat komponen yang shot atau sudah rusak dan komponen tersebut yang mengatur arus listrik yang menyupplay komponen seperti ram, prosesor dll, admin bingung karena admin tidak tau nama komponen tersebut dan sangat noob atau cupu untuk solder menyolder sehingga admin bawa ke tempat service langganan admin. 

Setelah itu tiga hari berlalu laptop tersebut kembali semula lagi dan hidup normal dan ketika admin bertnya ke orang servicenya kata beliau kontrolernya rusak dan itu doang yang dia jawab tanpa mengatakan kontroler apa dan mengalihkan pembicaraan jadi yah admin mengerti ilmu itu mahal ehehe.  

Dan akhirnya admin pulang dan membawa laptop tersebut, jadi kalian juga tentunya jika menghadapi kondisi laptop kalian rusak dan tidak memungkinkan atau tidak memiliki pengetahuan untuk memperbaikinya sebaiknya jangan di utak atik langsung bawa saja ke tempat service, jangan sampai kalian memaksakan untuk memperbaiki sendiri dan mendiagnosa kerusakan karena takutnya kalian salah diagnosa dan malah merusak komponen lainnya malah tambah mahal biaya service laptopnya. 

Kalian sudah mengetahui beberapa penyebab laptop mati total ntah mesin mati maupun hidup dan apa yang admin sebutkan tadi adalah beberapa hal yang bisa kalian perbaiki sendiri dan jika tidak bisa bawa saja ke tempat service jangan sampai kalian membuang waktu dan menambah biaya service juga hehe. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan bisa menjawab semua pertanyaan kalian selama ini dan jangan lupa untuk merawat laptop kalian secara berkala supaya laptop kalian awet dan tahan lama serta tidak cepat rusak. 

About the Author

Salim Kun merupakan seorang ahli teknologi informasi (IT) yang memiliki pengalaman yang luas dalam pengembangan dan implementasi sistem informasi dan teknologi di berbagai jenis organisasi. Sebagai Chief Information Officer (CIO), Salim bertanggung …
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.